Cool Blue Outer Glow Pointer -->

KISI KISI TROUBLESHOOTING JARINGAN

KISI KISI TROUBLESHOOTING JARINGAN

pusatmilenial.web.id


1. Cara Kerja Bluetooth

Bluetooth mengirim dan menerima gelombang radio di sebuah band dengan 79 frekuensi (saluran) yang berbeda yang berpusat pada 2,45 GHz, terpisah dengan radio, televisi, dan telepon seluler, dan disediakan untuk digunakan oleh industri, sains, dan juga alat medis. Jangan khawatir, Anda tidak akan mengganggu alat pendukung kehidupan seseorang dengan menggunakan Bluetooth di rumah Anda, karena daya pemancar Bluetooth yang rendah tidak akan membawa sinyal Anda sejauh itu. Pemancar jarak pendek Bluetooth adalah salah satu poin plus terbesarnya. Bluetooth menggunakan daya yang sangat kecil, karena mereka tidak melakukan perjalanan jauh, secara teoritis lebih aman daripada jaringan nirkabel yang beroperasi dalam rentang yang lebih panjang, seperti Wi-Fi.


2. Pengertian Antena


Antena adalah perangkat yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal. Antena dibuat dengan berbagai bentuk sesuai dengan fungsi penerapannya. Salah satu jenis Antena yang kita bahas disini adalah Antena Yagi Uda.
Antena Yagi atau juga dikenal antena Yagi-Uda digunakan secara luas dan merupakan salah satu antena dengan desain paling sukses atau banyak digunakan untuk aplikasi RF direktif. Antena Yagi-Uda adalah nama lengkapnya, pada umumnya dikenal dengan sebutan Yagi atau antena Yagi.
Antena Yagi digunakan untuk menerima atau mengirim sinyal radio. Antena ini dulu banyak digunakan pada Perang Dunia ke 2 karena antena ini amat mudah dibuat dan tidak terlalu ribet. Antena Yagi adalah antena direktional, artinya dia hanya dapat mengambil atau menerima sinyal pada satu arah (yaitu depan), oleh karena itu antena ini berbeda dengan antena dipole standar yang dapat mengambil sinyal sama baiknya dalam setiap arah. Antena dipole adalah antena paling sederhana, dia hanya menggunakan satu elemen tunggal. Antena Yagi biasanya memiliki Gain sekitar 3 – 20 dB.

Sejarah Antena Yagi Uda

  • Pada tahun 1926 Dr. Hidetsugu Yagi dan Dr. Shintaro Uda dari Tohoku Imperial University menemukan sebuah antena yang saat ini umum digunakan, antena ini dinamakan Yagi Uda. Tetapi biasanya lebih sering disebut antena Yagi.
  • Antena Yagi Uda mudah kita jumpai di Indonesia, biasa digunakan sebagai Antena TV yang dipasang di atap rumah. Antena Yagi bekerja pada jangkauan frekuensi  30 MHz sampai 3GHz. Dengan jarak 40 sampai 60 km.

Prinsip KerjaAntena Yagi digunakan untuk menerima atau mengirim sinyal radio. Antena Yagi adalah antena direktional, artinya dia hanya dapat mengambil atau menerima sinyal pada satu arah (yaitu depan).

Antena Yagi biasanya memiliki Gain sekitar 3 – 20 dB.
Beberapa Bentuk Antena Yagi Uda




3. Cara Kerja Web Server


Sederhananya tugas web server adalah untuk menerima permintaan dari klien dan mengirimkan kembali berkas yang diminta oleh klien tersebut. Perangkat lunak web server terdapat pada komputer server, dan di komputer ini pula data-data website tersimpan dengan rapih. Sama halnya dengan komputer klien, komputer server juga harus terhubung dengan jaringan internet untuk dapat diakses oleh klien


Perangkat Bluetooth secara otomatis mendeteksi dan terhubung satu sama lain, dan sampai delapan di antaranya dapat berkomunikasi dalam satu waktu bersamaan. Mereka tidak saling mengganggu karena masing-masing perangkat menggunakan salah satu dari 79 saluran yang ada. Jika dua perangkat ingin berbicara, mereka memilih saluran secara acak, dan jika itu sudah diambil, beralih secara acak ke salah satu dari yang lain (teknik ini dikenal sebagai spread-spectrum frequency hopping). Untuk meminimalkan risiko gangguan dari peralatan listrik lainnya (dan juga untuk meningkatkan keamanan), kedua perangkat yang terhubung secara terus-menerus mengubah frekuensi yang mereka gunakan-ribuan kali per detik.

4. Klasifikasi permasalahan layanan web server  & pemecahan masalah layanan web server


  • Masalah : Kesalahan yang sering terjadi yaitu Kelupaan memasukan CD Master  Solusi     : Mengulang perintah sebelumnya baru memasukan CD master Masalah : Salah dalam format penulisan Solusi     : Merestart perintah kemudian diketik ulang perintah yang salah
  • Kesalahan saat konfigurasi Mail Server :Masalah : Waktu pengiriman pesan error Solusi     : ketik dpkg-reconfigure postfix memperbaiki penulisan domain serta IP serveryang sesuai (nurcahyani, 2014)
  • Minor Service Failure (MSF)Minor Layanan Kegagalan (MSF) Web server masih online, tetapi satu atau lebih jasa pendukung (seperti Imagistat, penagihan, Dokter HTML, alat administrasi, logging, tape backup, SCSI backup, dll) tidak bekerja dengan benar.
  •  Secondary Service Failure (ISF)  Sekunder Layanan Kegagalan (ISF) halaman Web yang dilayani, tetapi satu atau lebih layanan sekunder (seperti email, Real Audio, Secure Server, Ngobrol Server, DNS, dll) tidak bekerja dengan benar.
  •  Primary Service Failure (PSF)  .Layanan utama Kegagalan (PSF) halaman Web yang tidak dilayani, tapi beberapa layanan masih online, seperti ssh, ping, dll
  •  Total Service Failure (TSF)Total Service Kegagalan (TSF) Mesin tidak menanggapi setiap jaringan atau konsol permintaan.
  •  GremlinsGremlins Koleksi longgar penyakit yang terjadi di luar mesin server, seperti listrik padam, kegagalan konektivitas jaringan, kegagalan DNS dan masalah routing (untuk beberapa nama). (Tongue, 2001)

~dikutip dari berbagai sumber


2 Responses to "KISI KISI TROUBLESHOOTING JARINGAN"

please give me feedback.........

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel